Pengertian Manajer
Manajer
adalah orang yang melakukan kegiatan manajemen. Lebih lengkap lagi manajer
adalah individu yang bertanggung jawab secara langsung untuk memastikan
kegiatan dalam sebuah organisasi dijalankan bersama para anggota dari
organisasi (Ernie&Kurniawan,2005)
Keahlian-keahlian Manajemen (Managerial Skills)
1.
Keahlian teknis (Technical skills)
2.
Keahlian berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarkat (Human Relation
skills)
3.
Keahlian Konseptual (Conceptual skills)
4.
Keahlian dalam Pengambilan Keputusan (Decision Making-Skills)
5.
Keahlian dalam Mengelola Waktu (Time Management Skills)
Keahlian tambahan
bagi Manajer
•
Keahlian dalam Manajemen Global (Global Management Skills)
•
Keahlian dalam hal teknologi (Technological Skills)
Tingkatan-tingkatan Manajemen
Tingkatan Manajemen dalam
Bagan Organisasi
Manajemen: Sains atau Seni ?
Manajemen sebagai
Sains
• Pendekatan
melalui tahapan sistematis berdasarkan keilmuan
• Umumnya
memerlukan keahlian teknis, diagnostik dan pengambilan keputusan
Manajemen sebagai
Seni
•
Pendekatan melalui intuisi dan perasaan berdasarkan pengalaman
• Umumnya
memerlukan keahlian konseptual, kreatifitas dan komunikasi interpersonal
Menjadi
Manajer:
Pendidikan
dan Pengalaman
Organisasi dan
Lingkungan
• Organisasi
berada dalam sebuah lingkungan
• Lingkungan
dapat menjadi faktor pendukung maupun penghambat organisasi
• Kegiatan
organisasi akan merubah lingkungan, dan juga sebaliknya, lingkungan akan
mendorong perubahan pada organisasi.
Lingkungan Organisasi
Lingkungan Internal
Organisasi
•
Pemilik
adalah mereka yang secara historis maupun
hukum dinyatakan sebagai pemilik akibat adanya penyertaan modal, ide ataupun
berdasarkan ketentuan lainnya dinyatakan sebagai pemilik organisasi.
•
Tim Manajemen
adalah orang-orang
yang menurut para pemilik organisasi atau perusahaan dinyatakan atau ditunjuk
sebagai pengelola organisasi untuk suatu periode tertentu.
•
Para Anggota atau Pekerja
adalah
sumber daya manusia dari organisasi atau perusahaan yang bergelut dalam
aktivitas operasional perusahaan dan menjalankan tugas-tugas keseharian
organisasi berdasarkan apa yang telah ditetapkan oleh tim manajemen.
•
Lingkungan Fisik Organisasi
adalah sumber daya selain manusia yang
dimiliki perusahaan dan menjadi faktor pendukung berjalannya sebuah aktifitas
organisasi atau perusahaan
Lingkungan Eksternal
Organisasi
•
Pelanggan
Adalah mereka yang
secara langsung memanfaatkan, menggunakan, dan mengajukan permintaan atas
barang atau jasa yang ditawarkan oleh organisasi.
•
Pesaing
organisasi bisnis lain yang
menjalankan bisnis yang sama dengan organisasi yang kita jalankan. Karena
bisnis yang dijalankan sama, maka pesaing merupakan tantangan (sekaligus
ancaman) yang dihadapi organisasi dalam meraih pelanggan
•
Pemasok
adalah pihak yang terkait langsung
dalam kegiatan bisnis dari sebuah organisasi, khususnya organisasi bisnis yang
melakukan kegiatan produksi barang jadi dari berbagai jenis bahan baku .
• Regulator
adalah pihak-pihak yang berkepentingan
dalam menciptakan keadaan dan kegiatan bisnis yang fair dan aman bagi semua
pihak yang ingin menjalankan bisnis
• Partner
Strategis
adalah perusahaan lain yang menjalankan
bisnis berbeda dengan perusahaan kita, akan tetapi dapat secara bersama-sama
menjadi mitra kita dalam menjalankan bisnis yang saling menguntungkan kedua
belah pihak
• Pemerintah
adalah pihak yang atas legitimasi politik
tertentu di suatu negara, diangkat dan bertugas untuk mewujudkan masyarakat ke
arah yang lebih baik dalam pembangunan di segala bidang
Lingkungan Internasional
dan Kegiatan Bisnis
•
Peluang
Penetrasi Pasar ,
Akses terhadap Bahan Baku, Akses terhadap lembaga keuangan, dll
•
Tantangan/Ancaman
Pesaing
Internasional, Regulasi yang berbeda, Mata Uang yang berbeda, Kondisi sosial
dan politik yang berbeda,dll
Berbagai bentuk
Bisnis Internasional
• Pasar
Produk (product market) melalui Ekspor dan Impor barang atau jasa
• Lisensi
(licensing)
• Partner
Strategis (strategic partner)
• Investasi
Langsung (direct investment) melalui diantaranya berupa pendirian anak
cabang perusahaan di berbagai negara (subsidiaries)
Berbagai faktor yang
terkait dengan Bisnis Internasional
•
Kontrol Perdagangan Internasional
Tariff dan Quota
•
Komunitas Ekonomi Internasional
Uni
Eropa, WTO, AFTA,NAFTA, dll
•
Perbedaan budaya antar negara
Cross Cultural Management, Simbol
dan Bahasa, dll
Budaya
Organisasi
• Budaya Organisasi merupakan
Nilai-nilai dan norma yang dianut dan dijalankan oleh sebuah organisasi terkait
dengan lingkungan di mana organisasi tersebut menjalankan kegiatannya
• Budaya organisasi merupakan
“apa yang dirasakan, apa yang diyakini, dan apa yang dijalani” oleh sebuah
organisasi.
Faktor penentu Budaya Organisasi
•
Pengalaman Organisasi
(Organizational Experiences) merupakan faktor penentu utama terciptanya
sebuah Budaya Organisasi tertentu.
Pengalaman Organisasi dapat berupa
keberhasilan maupun kegagalan yang dialami organisasi dalam menjalani
kegiatannya dari waktu ke waktu.
•
Prinsip, Norma,
Keyakinan, juga dapat menjadi faktor penentu terbentuknya sebuah Budaya
Organisasi.
Prinsip, Norma, dan keyakinan tertentu
nilai-nilainya diadopsi sehingga menentukan sebuah budaya organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar